Mikroskop Baru
01.10 | Author: HISYAM
Perangkat mikroskop masa depan berukuran miniaturistik yang dapat ditanamkan dalam tubuh manusia hasil rekayasa Prof. Changhuei Yang ilmuwan Caltech - AS dapat menjadikan proses diagnosa kesehatan semisal pengambilan sampel darah tidak lagi akan diperlukan lagi. Rekayasa ilmuwan Caltech berhasil membuat perangkat mikroskop minituristik dalam sosok prototype yang berukuran tidak lebih besar dari hanya sekeping uang coin saja hingga nantinya dapat ditanamkan dalam tubuh laksana “susuk”.

Membuat sebentuk mikroskop standard dalam rekaan miniatur sesungguhnya menjadi hal yang seakan tidak mungkin : “mission impossible” berhubung tingkat kerumitan yang sungguh-sungguh ribet apabila dengan mengupayakan untuk memperkecil seluruh susunan lensa optik yang berlapis-lapis. Namun rekayasa Prof. Yang dkk memang sama sekali mengenyahkan teknologi lensa optik seluruhnya dan sebagai gantinya dengan membuat seperangkat susunan chip photo sensor elektronik ---teknologi yang sama persis dengan kamera potret sederhana : “point-n-shoot” yang diterapkan pada ponsel---
Dalam persaingan pengembangan terkini perangkat kamera digital pada ponsel terdapat pula teknologi yang dikenal sebagai “OptiML Wafer Level” yang menerapkan proses merangkai sejumlah photo sensor elektronik guna menghasilkan modul optik untuk kamera ---bentuknya yang bertumpukkan menyerupai lapisan kue wafer---- yang keseluruhan proses memang dapat menghemat biaya hingga 30% serta dapat mereduksi ukuran modul hingga mencapai 50% dan berdimensi amat tipis.

Peneliti Caltech mengistilahkan penemuannya sebagai “microscope-on-a-chip”. Perangkat sensor adalah dengan modifikasi hingga setiap sosok pixels pada benda yang diamati hanya dapat tercitrakan lewat sederetan lubang hingga menjadikan perangkat chip dapat mencitrakan benda yang teramat kecil.
Para ilmuwan meyakini bahwa proses produksi massal standard mikroskop masa depan akan berbiaya murah serta mudah. Bahkan Prof. Yang dkk sejauh ini telah berhasil melaksanakan miniaturisasi mikroskop hingga seukuran iPod dan sedemikian optimistik bahwa perangkat “microscope-on-a-chip” akan dapat mulai dipergunakan kalangan dokter untuk tahapan uji-coba operasional pertama kali dalam jangka 1-2 tahun yad, sedangkan skala penuh produksi massal dalam jangka 5 tahun kedepan.



Sumber: Ragam info web / Rizal Aachtung

|
This entry was posted on 01.10 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: